5.12.2009

Keberadaan jembatan BARELANG, yang fantastic!!

Jembatan BARELANG diketahui dibangun atas idenya Bpk.BJ.Habibie pada tahun 1992. sekarang ini jembatan BARELANG menginjak usia 17 tahun. jembatan ini sendiri terdiri dari 6 jembatan. yang memiliki nama-nama sebagai berikut ;

  • Jembatan 1

Nama : Tengku Fisabilillah

Menghubungkan : P. Batam dengan P. Tonton

Ukuran : 642 x 350 x 38 meter.

  • Jembatan 2

Nama : Narasinga

Menghubungkan : P. Tonton dengan P. Nipah

Ukuran : 420 x 160 x 15 meter

  • Jembatan 3

Nama : Ali Haji

Menghubungkan : P. Nipah dengan P. Setokok

Ukuran : 270 x 45 x 15 meter.

  • Jembatan 4

Nama :Sultan Zainal Abidin

Menghubungkan : P. Setokok dengan P. Rempang

Ukuran : 365 x 145 x 16.5 meter.

  • Jembatan 5

Nama : Tuanku Tambusai

Menghubungkan : P.Rempang dengan P. Galang

Ukuran : 385 x 245 x 31 meter.

  • Jembatan 6

Nama : Raja Kecil

Menghubungkan : P. Galang dengan P. Galang Baru

Ukuran : 180 x 45 x 9.5 meter.



selain sebagai sarana perhubungan antara pulau batam dan pulau-pulau lainnya, jembatan ini memilik desain fisik yang berseni tinggi, jembatan pertama dibangun dengan menonjolkan desain artifisial yang tinggi yaitu menggunakan besi-besi layak jari-jari pada motor untuk menghubungkan antara tiang penyangga dan bidang jalannya, tiang penyangganya dibuat sepasang di awal jembatan dan akhir jembata, bidang jalan memiliki dua jalur, jalur masuk dan keluar, terdapat jalan setapak layak serambi rumah dibagian tepi jembatan. di bagian pinggirnya juga dipasang pagar bertiang beton dan dihubungi dengan besi bulat panjang guna sebagai sarana safety, di antara kedua jalur jalan tersebut di batasi dengan sebuah cor-coran beton kira- kira setinggi 3 jengkal.

jembatan keduanya memiliki desain yang simple hanya jembatan beruas jalan biasa tanpa tiang penyangga yang tinggi seperti jembatan pertama namun memiliki pagar pada bagian tepinya, desain ini juga diterapkan hingga ke-4 jembatan berikutnya.

Jembatan barelang juga menjadi ikon pada logo "visit batam 2010" dan lambang daerahnya serta lambang kopri para pegawai negeri. jembatan barelang juga merupakan tempat wisata utama yang berada di batam dan untuk provinsi kepri setelah mesjid penyengat tanjung pinang. jembatan-jembatan ini menghubungi pulau-pulau yang bersusun berjajar. di sekitar jembatan-jembatan ini terdapat wisata pantai yang mampu memukau. jembatan-jembatan ini tidak disebut orang-orang sekitar layaknya nama yang diberikan, orang-orang sekitar kebanyakan menyebut jembatan-jembatan ini sesuai urutannya.

dipersekitaran pantai pada setiap pulau yang dihubungi oleh jembatan-jembatan barelang ini terdapat restourant-restouran sea food yang beraneka macam. biasanya pada sore hari di persekitaran jembatan pertama banyak orang-orang menjajakan jajanan-jajanan khas seperti kepiting goreng, udang goreng, peyek udang dan sebagainya, bila tidak ingin memakan makanan berminyak anda juga akan disuguhi berbagai jenis jagung bakar. yang dijajakan disepanjang akhir jembatan pertama.

jembatan BARELANG juga tercatat sebagai salah satu jembatan yang mengarungi lautan diindonesia. barelang akan ditemukan 10 menit setelah melewati DAM muka kuning. melewati daerah Batu aji. menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dari daerah bengkong akan menggunakan waktu sekitar 45-60 menit sesuai dengan keadaan perjalanan.

jembatan barelang merupakan pusat penghasilan wisata terbesar dan terbanyak. tempat wisata yang berada di wilayah jembatan barelang mencapai angka yang cukup membanggakan.

jembatan barealang juga menjadi salah satu pendukung program "visit BATAM 2010". jembatan bvarelang adalah tempat wisata yang sungguh wahh... menggugah anda untuk berkunjung, yang hanya dapat ditemukan di BATAM. "visit and enjoy it.."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak dan lugas adalah kunci sebuah kritik dapat dinalar dengan otak dan dapat dicerna oleh mata !