5.14.2009

Askeskin disempurnakan lagi oleh kehadiran Jamkesmas

Mengingat Batam masih merupakan sebuah kota yang mau berkembang, tentunya masih tidak lepas dengan adanya pihak-pihak yang berkemampuan ekonomi tinggi, pihak yang berkemampuan ekonomi menengah, hingga pihak-pihak yang berkemampuan ekonomi sangat rendah. Yang mejadi masalah utama pemerintah setempat bukanlah mereka-mereka yang memiliki tingkat perekonomian yang tinggi melainkan mereka yang tingkat perekonomiannya rendah bahkan sangat rendah. Permasalahan-permasalhan social menjurus ke kemiskinan sangat rentan pada golongan-golongan mereka, pemusatan pendidikan bagi golongan mereka sangat rendah sehingga kedepannya mereka tidak mampu merealisasikan kemampuan mereka kearah yang lebih maju, karena memang mereka dari kecil tidak membekalkan diri dengan perbekalan pendidikan dan kemampuan, sehingga sering kali mereka terjebak pada linkaran setan kemiskinan.

Kemiskinan memang tidak akan ada habisnya bila terus menerus diperdebatkan, karena keinginan maju mereka-mereka itu memang tidak ada, mereka lebih memilih tetap menjalankan hidup seadanya sebagai sebuah takdir yang sudah ditetapkan. Mereka sepertinya tidak mempunyai keinginan untuk berubah dan lepas dari kemiskinan. sehingga sampai sekarang kasus kematian banyak berasal dari golongan-golongan mereka, kemiskinan membuat nyawa mereka terancam, mereka tidak kepikiran untuk memperhatikan kesehatan mereka. Tak jarang mereka tinggal dalam kondisi rumah yang sangat tidak layak untuk ditempati, ditambah lagi dengan kondisi lingkungan yang tidak higienis. Yang menimbulkan akibat yang sangat fatal.yaitu gangguan kesehatan, mereka yang lebih tidak mampu tidak akan membawa masalah tersebut ke pusat kesehatan seperti rumah sakit karena mereka tidak mempunyai jaminan berupa uang.

Kasus ini sudah menjadi kasus yang tidak ada habis-habisnya diperdebatkan. Memang sebelumnya pemerintah RI maupun pemerintah Batam telah membuat kebijakan-kabijakan untuk menangulanginya, seperti mengeluarkan jaminan kesehatan bagi orang-orang miskin berupa ASKESKIN, namun pada tahun 2008 silam langsung dari penuturan mentri kesehatan RI mengatakan “ sejak awal tahun 2008 yang lalu, menteri kesehatan RI, HJ.Siti Fadilah Supari , menegaskan bahwa ASKESKIN yang telah dimanfaatkan oleh mereka yang membutuhkan dalam bidang penjaminan kesehatan telah berubah menjadi lebih terpadu dengan sebutan yang baru yaitu JAMKESMAS (jaminan kesehatan masyarakat)”

Dengan adanya jaminan kesehatan yang baru ini diharapkan dapat menyempurnakan jaminan kesehatan terdahulu, sehingga keberadaannya akan lebih efektif dan efisien, agar penangulangan kesehatan para masyarakat terutama mereka yang tidak mampu dapat di tanggulangi secara sistematis lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak dan lugas adalah kunci sebuah kritik dapat dinalar dengan otak dan dapat dicerna oleh mata !