5.13.2009

BATAM kota ku yang "SO CLEAN"

bersih rohani adalah suatu kondisi dimana hati,pikiran, dan kadar religius seseorang berada dalam kondisi positif dan tidak kotor sehingga dapat dikatakan sehat, sama hal dengan bersih Jasmani, bila bersih Rohani diartikan sebagai sehat hati, pikiran, dan kadar religius, untuk sehat jasmani dapat dikatakan bersih apabila kondisi fisik seseorang itu bersih bebas dari kuman dan penyakit. dua hal ini merupakan dua sisi yang saya fikir telah diterapkan oleh para OB (orang batam), batam selain dicanangkan sebagai kota wisata industri juga sudah dicanangkan sebagai kota wisata rohani. nalar saya berkata 99% warga Batam merupakan warga yang beradab. tidak ada yang tidak memiliki kepercayaan. semua warga berperilaku sesuai aqidah yang telah mereka dapatkan, ya walaupun ada saja warga yang berperilaku menyimpang, namun keberadaannya tidak akan mampu mendominasi di BATAM.

menurut pandangan saya sendiri Batam merupakan kota yang sangat bersih, ditandai dengan diraihnya Adipura beberapa tahun yang lalu. mengapa Batam bisa meraih predikat itu? jawaban yang sangat realistis untuk menjawabnya adalah karena memang batam mempunyai semua kriteria yang telah ditetapkan untuk bisa menyandang predikat kota bersih dan mendapatkan adipura itu.

untuk membuktikannya kita khususnya para OB pasti bisa melihat kondisi jalanan raya besar di Batam, sangat terjaga dan terwat bukan, walau ada juga kerusakan tapi sedikit. pemko telah memperkerjakan sejumlah pekerja untuk sebagai petugas kebersihan guna membebaskan fasum-fasum dari sampah dan aspek yang bisa dikatakan sebagai tempat kotor, banyak aktivitas yang dilakukan oleh para petugas ini, saya pernah melihatnya di kawasan persekitaran Bengkong , sebagian dari mereka ada yang terlihat memunguti sampah sambil memikul poli bag hitam besar yang kelihatan besar akibat kepenuhan samoah yang berdesakan didalamnya, ada yang mmemegang serokan sampah sembari menyapu, dan ada juga yang sekedar mamasukan sampah yang telah terkumpulkan ke dalam poli bag yang masih kosong.

aktivitas-aktivitas yang mereka lakukan mengambarkan bahwa mereka adalah tipikal seseorang yang peduli akan kebersihan selain menganggapnya sebagai suatu kewajiba kerja. hal ini membuktikan bahwa pemerintah Batam sadar betul akan kebersihan, sepertinya tidak cukup dengan bukti ini, pencanangan kebersihan juga sudah diterapkan diseluruh pelosok BATAM, dari komplek rumah tangga, instansi pemerintahan, rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan hingga penjaja makanan pinggir jalan semuanya telah menerapkan kebersihan. kesimpulannya semua orang yang ada di BATAM telah terlibat dalam penanganan kebersihan, sehinbgga keseluruhannya semua orang yang ada di BATAM telah terlibat dalam penanganan kebersihan, sehingga keseluruhannya memanglah BATAM kota yang bersih, karena bagi saya peribadi BATAM memang pantas untuk menjadi kota yang bersih walau hanya berupa sebuah pulau kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak dan lugas adalah kunci sebuah kritik dapat dinalar dengan otak dan dapat dicerna oleh mata !