5.15.2009

Batam Lahan Ekspor Ikan Kerapu Macan

Tahun 2008 silam, tepatnya pada tanggal 21 oktober 2008, Ir.Ria Saptarika selaku wakil Walikota Menghadiri panen ikan kerapu Macan tepatnya dipulau mubut, kelurahan Karas, kecamatan galang-Batam. yang merupakan hasil budi daya para nelayan Tradisional yang sekarang beralih profesi menjadi nelayan Budi daya Krapu Macan yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Usaha Jaya, sebanyak 1200 bibit Krapu Macan disebarka pada 3 unit keramba.

Lokasi panen ini Berada didalam Kawasan rehabilitasi terumbu karang, coremap II pulau Galang. kegiatan Nelayan ini didukung langsung oleh dinas KP2K kota Batam, CoremapII dan pihak Founding yakni ADB. usaha Jaya Nelayan ini Diakui Oleh Dul Rasyid, Ujarnya, Dul Syaid dan kelompoknya mendapat bantuan hibah dari Coremap sebesar 56 juta ditambah 9 juta untuk uang oprasional selama 9 bulan, dan tambahan uang membeli Pakan ikan Sebesar 16 juta

Budi daya ikan kerapu rata-rata dalam sekilo didapatkan 3 sampai 5 ekor yang siap untuk di Ekspor harga jualnya sebesar $ Sing 20/kg. wilayah ini dilindungi langsung oleh Pemerintah kota karena lahan ini juga merupakan lahan rehabilitasi terumbu karang yang merupakan wilayah kerha Coremap. disini juga telah disediakan pusat informasi, sarana air bersih, sanitasi, pembuangan sampah, hingga alat komunikasi. Ir.Ria Saptarika mengatakan bahwa ia sangat senang berada disini dan meminta KP2K untuk mempertahankannya.

diharapkan sekarang-sekarang ini pusat budi daya ikan kerapu ini dapat terus berjalan guna memenuhi pasar ekspor ikan kerapu macan, yang terbilang sudah sangat efektif dan efisien pelaksanaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak dan lugas adalah kunci sebuah kritik dapat dinalar dengan otak dan dapat dicerna oleh mata !