5.16.2009

Batam: kembang api tahunan

Sudah berjalan cukup lama program pengadaan pesta kembang api tahun baru dibatam, yang dirayakan diwilayah Engku Putri Batam center. Tahun lalu saja pelepasan kembang api dilakukan selama kurang lebih 20menit tanpa henti. Pelepasan kembang api tahun 2008 kemaren sekaligus menandai peresmian Program batam “visit 2010”. Kembang api yang dilepaskan sebanyak 1100 unit. Diantara kembang-kembang api tersebut mampu mencapai ktinggian 250 meter dari permukaan tanah sehingga melampaui ketinggian menara masjid raya dan tower listrik tertinggi di batam. Dengan ktinggian 250 meter tersebut diketahui bahwa warga singapor dapat melihatnya dengan jelas.

Sebelum pelepasan kembang api tepatnya pukul 00.00, pesta ini dimeriahkan oleh banyak pengisi acara seperti artis ibukota, artis kota hingga pementasan Band setempat. Sungguh sangat spektakuler perayaan pada saat itu, selain itu pesta kembang api ini juga diiringi oleh dzikir bersama menyambut tahun baru yang digelar di mesjid raya batam. Dalam waktu bersamaan sehingga pelaksanaan penyambutan tahun baru yang dilakukan dibatam sudah sangat seimbang atara nilai religius dan kerakyatannya.

Pesta kembang api ini disebutkan sebagai sebuah pembalasan kembang api dari Negara Singapore. Tahun depat pemerintah kota akan melibatkan asosiasi perjalannan tour dan wiasata para wisatawan asing dan domestic untuk menhadirkan rombongan wisatawan tersebut dalam pergelaran pesta kembang api ini, guna memeriahkan dan memperkenalkan citra baik Batam kepada para wisatawan baik asing maupun domestic.
Pesta ini merupakan sebuah alternative bagi penduduk setmpat yang biasanya hijrah ke negeri tetangga guna menyaksikan pelepasan kembang api, sehingga mereka tidak perlu lagi melakukan perjalanan yang tentunya memakan biaya yang tidak sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak dan lugas adalah kunci sebuah kritik dapat dinalar dengan otak dan dapat dicerna oleh mata !