11.08.2008

Membuat Slide Interaktif dengan Trigger

Ingin lebih melibatkan murid-murid Anda dalam presentasi? Buat “trigger” yang mereka klik pada waktu melihat presentasi. Trigger (berhubungan dengan animasi) memungkinkan Anda menambah kejutan ke slide.
1. Buat SlideJalankan PowerPoint; program akan menampilkan presentasi baru yang kosong. Sampai di sini hanya ada satu slide, seperti yang Anda lihat pada tab Slide di jendela sebelah kiri. Masukkan slide baru. Pada task pane Slide Layout, cari layout bernama Title, Context and Text, yang mempunyai tempat untuk gambar di sebelah kiri dan daftar di sebelah kanan. (Letakkan pointer mouse di atas layout option untuk melihat Screen Tips yang akan memberitahukan nama layout.) Klik layout tersebut untuk menggunakannya pada slide yang baru.
2. Masukkan TriggerUntuk saat ini, kita hanya akan memasukkan item yang digunakan sebagai trigger—pada contoh ini, gambar atau foto. Nanti, Anda akan membuatnya berfungsi sebagai trigger. Pada slide, di placeholder sebelah kiri, masukkan gambar. (Untuk efek yang akan digunakan berikutnya dan layout ini, gambar vertikal sangat cocok.) Cara melakukannya terserah Anda; icon pada slide dapat membantu Anda untuk memasukkan clip art atau gambar dari file. Dengan menggunakan tombol Text pada toolbar Drawing, masukkan caption di bawah foto yang berbunyi, misalnya “Klik foto untuk biografi.” Ketik nama Anda di placeholder judul (atas).
3. Buat Animasi TeksPada placeholder di bagian kanan slide, ketik hal-hal tentang Anda. Buka task pane Custom Animation. (Cara cepat: klik kanan teks pada slide dan kemudian klik Custom Animation.) Pada slide, klik di dalam daftar teks. Pada task pane, gunakan tombol Add Effect untuk menggunakan efek Entrance, misalnya Color Typewriter. Karena ini merupakan presentasi yang self-guided, sebaiknya efek animasi dijalankan secara otomatis. Untuk mengubah bagaimana mereka dijalankan, pada task pane, klik panah di sebelah kanan efek, dan kemudian klik Start After Previous. Untuk melihat tampilannya pada presentasi, klik tombol Slide Show di dalam task pane.
4. Hubungkan TriggerSekarang kita akan menghubungkan efek animasi ke gambar sehingga pada waktu Anda mengklik gambar, animasi langsung dijalankan. Kembali lagi ke efek pada task pane, klik panah di sebelah kanan untuk menampilkan menu dropdown, dan kemudian klik Timing. Klik tombol Triggers di sebelah kiri bawah. Klik Start effect on click of. Anda akan melihat daftar item seperti yang tampak pada gambar. Pilih file gambar yang Anda masukkan dan kemudian klik OK. Untuk mengecek animasi, pindahlah ke view Slide Show. Tunjuk foto pada presentasi; pointer berubah menjadi tangan. Klik foto dan animasi akan berjalan.
5. Animasikan GambarPada slide, klik gambar, dan gunakan tombol Add Effect untuk memasukkan efek Emphasis. Pilih efek Grow/Shrink. Pada task pane, efek ini tampil pada bagian atas daftar, di atas trigger bar. Supaya efek dijalankan sebagai bagian dari trigger, seret ke bawah trigger bar, di atas efek teks yang sudah ada. Untuk mengontrol animasi gambar, klik efek yang baru saja Anda pindahkan, klik panah di sebelah kanan, dan kemudian klik Effect Options. Untuk mengontrol bagaimana gambar bertumbuh, klik efek yang baru saja Anda pindahkan, klik panan di sebelah kanannya untuk menampilkan menu, dan kemudian klik Effect Options. Klik panah di sebelah kotak Size. Di sebelah Custom, ubah 150% ke 125%, dan kemudian klik OK.
6. Masukkan SuaraMasukkan suara ke efek teks yang telah Anda masukkan sebelumnya (Color Typerwriter, efek dengan icon tumpukan bintang). Klik efek teks pada daftar. Klik panan di sebelah kanan dan kemudian klik Effect Options. Pada daftar Sound, pilih suara Typewriter. Klik OK. (Perlu dicatat bahwa untuk memasukkan suara fitur sound effect harus sudah terinstalasi; Anda akan diminta menginstalasinya jika belum). Pada menu Slide Show, klik Set Up Show, dan kemudian klik Browsed by an individual (window). Pada waktu murid Anda menjalankan presentasi, mereka tidak hanya sibuk di dalamnya, tetapi mereka juga akan belajar sedikit lebih tentang Anda.
TriggerKegunaan lain dari trigger: Anda dapat membuat sejumlah pertanyaan dan jawaban pada slide, dan membuat pilihan jawaban sebagai trigger yang menampilkan jawaban benar atau salah. Sebagai contoh, pada presentasi “Perkenalan ke kelas saya”, Anda bisa mengajak pembaca untuk menebak tentang diri Anda:
Mana yang benar? Peliharaan saya adalah:1. Kucing bernama Puss.2. Burung bernama Jacob.3. Anjing bernama Blacky.
Jawaban apapun yang diklik pembaca, teks, atau gambar akan muncul, misalnya sebuah suara berbunyi yang menandakan jawaban benar atau salah. Trigger membantu Anda berinteraksi dua arah dengan para murid, mengajak mereka untuk menebak, tertawa, mempertimbangkan, dan belajar.
Beberapa hal penting tentang trigger:- Setiap Anda mempunyai efek animasi, film, atau suara, Anda bisa membuatkan trigger. Atau, dengan kata lain: Anda tidak bisa menggunakan fitur Trigger kecuali salah satu efek tersebut terdapat pada slide Anda.- Anda harus mengklik trigger secara langsung (tidak hanya mengklik slide saja) supaya efeknya berjalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak dan lugas adalah kunci sebuah kritik dapat dinalar dengan otak dan dapat dicerna oleh mata !