9.12.2012

ROBOT TUMBUHAN


Manusia sudah tak lagi ingin kesulitan, semakin hari semakin banyak alat pemuas dan pembantu pekerjaan di ciptakan, semuanya semata-mata hanya untuk mempermudah kerja manusia. peralatan tersebut sudah diciptakan sejak zaman-zaman purba dahulu kala, dari yang hanya berbahankan batu-batuan atau kayu hingga kini berbahankan metal, plastik dan sebagainya. Perlatan pembantu kerja manusia itupun kini sudah bukan hanya sekedar perlatan mati, karena seiring muncuknya tenaga alam berupa listrik membuat perlatan-perlatan pembantun perkerjaan manusia itupun disandur kedalam bentuk yang bisa dialiri listrik sehingga dalam pemakainnya tidak lagi sama sekali harus melibatkan manusia. 

Manusia sudah sangat diuntungkan dengan adanya kendaraan bermotor, mereka tak lagi harus berjalan kaki untuk berpindah-pindah tempat. Manusia juga sudah sangat dimanjakan dengan fasilitas multimedia seperti televisi, radio, hingga sekarang ini sdah hadir dengan sangat canggihnya komputer yang memiliki banyak fungsi. Manusia yang dulunya harus menanak nasi dengan cara yang sangat kuno kini sudah tak lagi harus begitu dengan bantuan rice cooker. Sungguh banyak perlatan canggih yang kini hadir untuk membuat manusia tak lagi harus merasa kelelahan dalam mengerjakan sesuatu. Dengan adanya perelatan yang merupakan efek dari kemajuan dan perkembangan tersebut membuat pekerjaan menjadi cepat selesai, efektif dan lebih efesien.

Kini manusia memang sungguh lebih terbantu lagi, bahkan mungkin porsi keterbantuannya sudah sangat melebihi batas. munculnya komputer juga merupakan sebuah anugerah bagi manusia, betapa tidak, dengan komputer semua hal bisa dipermudah untuk dilakukan, bahkan komputerpun bisa digunakan untuk membuat program apapun sesuai kemahiran manusia, dan dewasa ini dengan komputer manusia bisa memasukkan program kedalam  sebuah alat yang nantinya dapat berkerja hampir sama dengan manusia. alat canggih tersebut dinamakan Robot, robot merupakan salah satu hal canggih yang hadir untuk menyediakan bantuan bagi manusia. Robot adalah sebuah  alat bersifat mekanik yang mampu melakukan tugas-tugas fisik layaknya manusia, baik dengan pengawasan atau kontrol manusia, ataupun menggunakan sebuah program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan).

Robot hadir biasanya dipergunakan untuk jenis-jenis tugas yang berat, pekerjaan yang intensitasnya banyak atau berulang kali, hingga pekerjaan yang terbilang berbahaya dan kotor untuk dilakukan manusia. robot sudah ada di berbagai bidang, apapun itu dari yang hanya untuk membantu manusia di rumah hingga robot yang bisa meneliti bulan dan planet-planet lainnya secara langsung di angkasa lepas.

Nah, berdasarkan jabaran diatas, disini penulis memiliki sebuah ekspektasi lebih di bidang robot, terlepas dari tugas yang diberikan, penulis juga sempat berfikir akankah atau bisakah robot seperti yang dibayangkan ini tercipta, yang notabenenya berfungsi untuk membantu bahkan menyelamatkan manusia. robot yang diinginkan disini bukanlah robot yang bisa menjadi body guard atau robot yang bisa bertempur habis-habisan dengan alien. Robot dalam arti kata bisa menyelamatkan manusia disini berarti robot yang bekerja ringan namun terbilang besar perannya.

Robot apa itu?, robot ini mungkin belum memiliki nama, namun dalam konteks seperti apa robot ini tentu bisa dijabarkan. Robot ini adalah robot yang penulis katakan sebagai pengganti tumbuhan. Mengapa pengganti tumbuhan?, ya, robot ini berfungsi menggantikan tumbuhan walau tidak secara menyeluruh. Tumbuhan sendiri bisa membantu meredam polusi, mendinginkan udara, dan bisa mendaur ulang karbondioksida menjadi oksigen. Nah berdasarkan fungsi-fungsi tumbuhan tersebut maka robot yang ingin diciptakan ini kurang lebih akan berfungsi seperti itu, robot ini juga bisa mendaur ulang karbondioksida menjadi oksigen, bisa mendeteksi pencemaran udara dan meredamnya, robot ini bisa membantu menyadap asap-asap kendaraan bermotor. Selain tiu robot ini juga dibenamkan sebuah teknologi pendingin suhu yang tentunya aman untuk lingkungan, robot ini berbentuk seperti tumbuhan walau tidak terlalu besar, bisa diletakkan disegala tempat yang membutuhkannya. Ketika hujan robot ini bisa mendeteksi tingkat kesaman air hujan tersebut. Robot ini dilengkapi sistem pencatatan suhu dan dapat menyimpannya hinga bertahun-tahun. Robot ini juga bisa mendeteksi pencemaran diberbagai tipe lingkungan, udara, daratan maupun perairan, robot ini bersifat tahan air, udara yang ekstrim, benturan, dan sejenisnya. Memiliki sistem tenaga matahari yang digunakan untuk siang hari dan menggunakan tenaga batrai yang sudah terisi dengan bantuan sinar matahari untuk malam hari. Robot ini didesain sangat ramah lingkungan. Sehingga takkan menghasilkan sedikitpun gangguan bagi lingkungan.

Robot ini merupakan robot yang mungkin terbilang tidak begitu canggih, fungsinya mungkin juga tidak terlihat nyata bagi manusia, tapi cukup menyumbangkan manfaat besar mengingat sedang berlangsungnya global warming. Robot ini mungkin bisa diciptakan untuk menggantikan tumbuhan yang sudah semakin sedikit jumlahnya didunia. Walau robot ini mungkin belum bisa mengatasi masalah banjir karena belum mampu menyerap air, namun tentunya pasti ada penyempurnaan bila sudah berhasil diciptakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak dan lugas adalah kunci sebuah kritik dapat dinalar dengan otak dan dapat dicerna oleh mata !