10.05.2009

Inspirasi Hari ini (kekuatan doa)


ini sebuah inspirai hidup yang saya dapati dari guru kelas saya, ia seorang guru yang membidangi pelajaran matematika, selain guru yang lihai bermatematika ia juga paham betul dengan ajaran agama, ia seorang muslim dengan satu anak perempuan yang masih berada di sekolah dasar, ia bukan orang yang hidup dengan segala bentuk kemewahan, ia sederhana dan tidak melebihi kata-kata, apa adanya dan jujur, ia tipakal seorang bapak dan guru yang bijak dan sungguh baik, selalu memberi nasehat, ajaran, bahakan inspirasi kepada semua muridnya termasuk salah satu inspirasi yang akan saya bicarakan disini.

tepat jam pertama di mulainnya aktivats belajar, jam pertama hari senin ini memang di mulai dengan pelajaran matematika, di sela-sela materi yang di berikan beliau kami diberikan sepenggal pengalam hidup atau bisa di bilang inspirasi yang di rasakan oleh beliau. ia bercerita, tepat pada hari sabtu lepas, putri kesayangannya meminta kepada beliau untuk menyaksikan sebuah film layar lebar di gedung bioskop 21 di sebuah mall yang berada di bilangan batam center, putrinya tersebut meminta dengan penuh harap, mungkin karena tidak tahan mendengar rengekan ang putri, beliaupun memenuhi permintaanya. setelah itu pergilah beliau dengan istri dan putrinya tersebut ke gedung bioskop dengan menggunakan sepeda motor. sesampainya di sana beliau memang tidak ikut menyaksikan film hanya istri dan putrinya itu saja, beliau menunggu di luar. setelah selesai beberapa jam berlalu beliau beserta keluarga pun berniat pulang kembali ke rumah, karena kondisi cuaca agak sedikit gerimis, beliau menyuruh istri dan putrinya untuk naik kendaraan umum saja dengan alasan agar tidak terkena hujan.

selang beberapa menit sampailah sang istri dan putri di sebuah minia mart tidak jauh dari kediaman mereka, juga diringi dengan sampainya beliau dengan sepeda motor di minimart itu, sebelumnya mereka memang sudah berniat ke mini mart itu guna membeli sesuatu. nah disitulah awal masalah terjadi, disitu juga istrinya baru menyadari bahwa dompetnya tertinggal di kursi kenadaraan umun yang barusan ia naiki. lantas rasa panik begitu saja mendera mereka, dimana di dalam dompet tersebut tersimpan uang rupiah sebesar 750rb namun bukan itulah yang sesungguhnya memebuat mereka panik, melainkan sejumlah kartu atm, ktp, dan surat-urat berharga lain, termasuk sim, dan surat yang berhubungan dengan masalah pekerjaan yang dititipkan kepadanya karena bagi mereka sungguh sangat sayang apabila surat-surat tersebut hilang begitu saja karena untuk mengurusnya saja memang sangat membutuhkan waktu yang lama, lanta di saat itu juga lah mereka berniat mencari kendaraan umum tersebut syukurnya sang istri masih mengenal ciri-ciri kendaraan umum tersebut. sehingga pergilah mereka berdua mencarinya dengan mengendarai sepeda motor tentunya tanpa sang putri, sang putri dititipkan beliau di minimart tersebut. cari punya cari sampailah mereka di sebuah jalan dimana mereka mendapati kendaraan umum tersebut berbelok kesebuah pom bensin, lantas mereka mengikuti, sesampainya beliau langung menghampiri sang sopir dan bertanya soal dompet istrinya tersebu. namun memang belum rezeki, si supir mengatakan bahwa kemungkinan dompet tersebut di bawa oleh seorang ibu yang baru saja diturunkannya di sebuah mall di kawasan jodoh-batam. rasa kecewa tentu mereka rasakan saat itu juga, saat itu pula beliau berkata kepada sang istri untuk berdoa kepada allah, minta pertolongan, sigap mereka berdoa dalam hati, dan percaya sungguh dengan doa tersebut harapan terbesar adalah terkabulnya doa itu.

selanjutnya dengan uang pinjaman dari seorang teman sebesar 100ribu rupiah beliau dan istri beranjak ke kantor polisi guna membuat laporan atas kehilangan dompet tersebut, namun sial sungguh sang polisi mengatakan bahwasannya mereka di harap membuat laporan besok saja dengan membawa surat-surat yang diminta, keduanya mulai putus asa, sejenak sang istri berkata kepada beliau "pa! yakin gak ya doa kita terkabul" beliau pun lanta menjawab "pasti", beliau di sela-sela pelajaran berkata kepada kami bahwasannya kita harus yakin pada doa dan pasti allah akan mengabulkan, jangan pernah ragu walaupun rasa ragu itu datang di saat itu juga.
beliau memang sungguh mengenal tentang apa itu agama, sehingga segala sesuatu selalu di kaitkannya dengan kehendak tuhan, ia disini mengajarkan kepada kami bahwasannya tuhan lebih dekat dengan kita di banding kita sendiri.

seketika merka pun pulang kerumah, bersantai, hari sudah mulai larut akan gelap, sempat terbersit keraguan, akankah doa mereka terkabul!, namun sekali lagi ia menghilangkan semua rasa ragu tersebut dan tetap yakin dengan Allah akan mengabulkannya.

menit, bahkan jam teru berlalu, tanpa terasa sebuah ketukan pintu terdengar, itu dari salah satu tetangga kos, ia mengatakan kepada beliau bahwa ada seseorang yang mencari beliau dan sekarang berada di rumah ketua RT, sigap beliau dan istri langsung mendatangi rumah RT, sungguh allhamdulillah, dompet itu rupanya datang dengan tanpa diduga, seorang ibu yang di ceritakan si supir tadi rupanya yang membawa dompet itu sampai ke rumah RT guna mengembalikkannya kepada yang berhak yaitu kepada beliau dan istri, sentak mereka bersyukur dan mengucapkan "allhamdulillah", rypanya si istri telah berikhtiar bahwa apabila dompet itu diketemukan oleh seseorang dan dikemabalikan kepadanya, maka ia akan memberikan segala bentuk uang yang ada di dopmpet tersebut tanpa sisa bahkan uang koin sen singapur dan beberapa koin pun ia berikan kepada ibu tersebut, karena memang bukan uang tersebutlah yang mereka harapkan untuk kembali, karena bagi mereka tiada berharga uang tersebut karena kapan pun mereka mau mereka bisa mencarinya walau harus membanting tulang. malam itu keyukuran tampak di wajah mereka, dan menambahkan ketakwaan mereka kepada Allah, dan meyakini akan kekuatan doa...

nah dari cerita tersebut hendaklah kita semua memperlakukan doa sebagai jalan untuk membatu kita karena dengan doa kita kepada tuhan yang akan membuat kita tentram dan harapan terjawab dengan pasti, jangan pernah meragukannya, karena kapan pun waktunya doa itu pasti akan di kabulkan tuhan...

"percayalah pada Allah"....


3 komentar:

Bijak dan lugas adalah kunci sebuah kritik dapat dinalar dengan otak dan dapat dicerna oleh mata !