8.18.2009

"MERAIH MIMPI" THE BEGINNING~


Mungkin pertama di Indonesia, sebuh karya imajinatif yang sarat akan unsur mendidik dan menghibur, film animasi pertama Indonesia yang malah lebih dahulu menampakkan diri pada atmosfer negara-negara lain, cukup dapat dikatakan sebagai film animasi indonesia bertaraf internasional yang cukup membanggakan, film bergenre animation ini sendiri mulai dikerjakan oleh Infinite Framework Studios bersama kurang lebih 150 animator indonesia atas permintaan langsung dari pihak pemerintah Singapura.

Meraih mimpi lebih dahulu di putar di negara singapura dengan judul "sing to the dawn", namun setelah berjaya, film animasi yang ditangani langsung oleh Nia Dinata yang telah lebih dulu sukses dengan karya-karyanya seperti "arisan" atau "berbagi suami" dan banyak lagi ini di sandur kedalam bahasa dan tentu musikalitas indonesia, diketahui dalam proyek ini, erwin gutawa di percaya untuk menggubah musikalitas film animasi ini sehingga lebih khas akan ciri khas indonesianya, bahkan tidak sedikit artis ibukota yang diikut sertakan dalam pengisian suara karakter animasi pada film ini, gita gutawa contohnya.

sing to the dawn atau yang lebih akrab sekarang dengan judulnya meraih mimpi, merupakan film animasi terbaik yang diadapatsi langsung dari buku minfung ho yang merupakan buku wajib baca setingkat SD di singapura. film ini dikerjakan selama 3 tahun tepatnya di IFW, Turi Beach Resot, Nongsa, Batam. dengan hanya melibatkan 5 animator asing. untuk latar film sendiri di khususkan pada kenampakan alam pemukiman dan hutan di pulau Batam, bercerita tentang dua orang kakak beradik yang bersikeras mempertahankan Desanya dari tindakan biadab kontraktor penipu.

jelas sekali film animasi ini menitik beratkan pada musikalitas dan efek visualitas yang mampu memikat penonton secara langsung bahkan tidak hanya untuk memikat anak-anak dibawah umur saja, bahkan pastinya akan menyita lebih banyak perhatian dari para dewasa. tercatat lebih dari 5 actor/actris papan atas yang ikut serta sebagai pengisi suara yang menambha ke "wah"-an film animasi ini yang singguh akan menjadi lebih istimewa, aktor dan aktris papan atas itu diantaranya adalah, Surya Saputra, Uli Herdinansyah, Jajang C. Noer, Cut Mini, Joko Anwar, Tike Priatnakusumah, dan Nina Tamam.

peluncuran film ini memang tidak ditujukan pertama sekali di indonesia dengan alasan untuk mendapatkan perhatian internasional terlebih dahulu untuk membuktikan bahwa indonesia juga tetntunya memiliki studio animasi yang mampu menyamai studio-studio animasi bertaraf internasional lainnya.

maknanya adalah, bahwa permulaan itu sedang bahkan baru saja dimulai setidaknya untuk ikut andil dalam proses prubahan sosial baik itu modernisasi, westernisasi bahkan globalisasi, hal ini menunjukkan bahwa indonesia juga dapat menerima imbas baik dari perkembangan itu sendiri, meski baru satu yang tercipta mungkin kedepannya keberadaan film animasi indonesia dapat menggantikan tempat film-film animasi dunia dihati para penggemarnya, tentunya.

ibarat kata orang bahwa tak kenal maka tak sayang, baiknya kita lebih mengenal tentang apa itu IFW yang telah berjaya menyerahkan hasil jerih payahnya itu, untuk itu IFW juga mempunyai situs resmi yaitu http://www.frameworks-studios.com.

memang maih lama ih film ini akan ditayangkan namun tidak terlalu lama lagi.. tepatnya akan diputar di jaringan XXI seindonesia seminggu sebelum peringatan Hari Raya Idul fitri... wah mungkin tidak sabarkan untuk membuktikan "bagus gak ya?" pastinya bagus donk, kalau negara lain udah mengakui kehebatannya pastinya negara sendiri juga donk!!! sebelum menyaksikan secara total, rekomendasi awal saya selaku penulis silahkan menyaksikan trailernya dengan mengklik http://meraihmimpi.com/trailers.php. Rasakan Bedanya!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak dan lugas adalah kunci sebuah kritik dapat dinalar dengan otak dan dapat dicerna oleh mata !