1.31.2009

Legenda VW Beetle dan "Herbie: Fully Loaded"


Legenda VW Beetle Masih Belum Berakhir

Pada tanggal 30 Juli 2003, pabrik Volkswagen AG di Puebla, Meksiko, satu-satunya pabrik yang masih memproduksi Volkswagen Beetle, mengakhiri produksinya dengan memproduksi 3.000 VW Beetle Edisi Khusus.

Ke-3.000 VW Beetle Edisi Khusus yang merupakan edisi penutup dari VW Beetle itu muncul dengan dua warna, yakni aquatic blue dan lunar beige, serta dijual dengan harga keluar pabrik 8.000 dollar AS (sekitar Rp 64 juta).

Produksi VW Beetle boleh saja diakhiri dua tahun lalu, tetapi legenda tentang VW Beetle itu masih terus hidup. Hal itu terlihat jelas dari sambutan para penggemar VW Beetle terhadap film terbaru Herbie, si VW Beetle pembalap jalanan yang bernomor bodi 53. Film yang berjudul Herbie: Fully Loaded dibuat untuk memeriahkan hari ulang tahun Disney dan Volkswagen of America Inc yang ke-50 pada tanggal 24 Juni lalu.

Dan, satu bulan sebelum pemutaran film Herbie: Fully Loaded, Herbie ambil bagian dalam acara ”Herbie and Friend Cruise”, sebuah tur dari Pantai Barat ke Pantai Timur Amerika Serikat.

Film yang sama juga mengilhami VW Beetle Club Indonesia mengadakan Herbie Look Contest di VW Center untuk memperingati hari ulang tahunnya yang ke-23 pada tanggal 25 Juni lalu. Herbie berwarna putih mutiara dengan atribut balap berupa garis merah, putih, dan biru, serta menggunakan nomor bodi 53, nomor yang dipilih oleh Bill Walsh, produser Love Bug yang asli pada tahun 1966.

Itu belum semua, saat Herbie: Fully Loaded diputar untuk kalangan terbatas di Jakarta pada tanggal 2 dan 3 Juli lalu, para penggemar VW Beetle berdatangan untuk menyaksikan film tersebut. Bahkan, dalam pemutaran hari pertama di Cilandak Town Square juga diadakan parade VW Beetle.

Indonesia boleh bangga karena merupakan negara pertama di Asia yang memutar film tersebut. Film Herbie: Fully Loaded mulai diputar di Indonesia pada tanggal 7 Juli 2005.

Film komedi

Dalam film Herbie: Fully Loaded, Herbie yang tetap mengenakan nomor terkenalnya, 53, akan menjadi bintang bersama Lindsay Lohan, Matt Dillon, dan Michael Keaton. Dan, dalam film komedi itu, Herbie dibeli Maggie Peyton (Lindsay Lohan), generasi ketiga dari keluarga pembalap NASCAR legendaris, dari tempat pembuangan mobil (junkyard).


Herbie kemudian membantu Maggie mewujudkan ambisinya menjadi juara NASCAR. Dalam film yang dipenuhi adegan kocak itu, Herbie memainkan empat peran, yakni Junkyard Herbie, Street Racer Herbie, Demolition Derby Herbie, dan NASCAR Herbie.

Tentunya Herbie tidak dapat bermain sendiri. Herbie harus dibantu oleh berbagai stuntman (pemeran pengganti) untuk melakukan adegan berbahaya di dalam film tersebut.

Randy White sebagai car picture coordinator langsung berburu ke seantero Amerika Serikat untuk mencari stuntman, kostum (potongan bodi), dan pengetahuan tentang Herbie. Pemburuan pun dilakukan lewat internet.

Semua yang dicarinya itu berdatangan dari seluruh wilayah Amerika Serikat. Mulai dari Ohio, Nevada, Washington, Oregon, Utah, New Mexico, dan California. Dan, mobil yang paling istimewa dalam film Herbie: Fully Loaded itu adalah si Herbie orisinal yang muncul pertama dalam film The Love Bug (1966). Ketika Randy White mengetahui bahwa pensiunan bintang itu masih beroperasi, ia langsung memburu pemilik mobil tersebut.

Herbie orisinal keluaran tahun 1963 ditemukan di Ohio. Sosoknya masih orisinal, tetapi pemiliknya telah mengganti mesin dan persnelingnya. White juga membeli VW Beetle merah keluaran tahun 1963 dari pemilik Herbie orisinal tersebut.

Berbagai macam keistimewaan yang dimiliki Herbie akan dimunculkan dalam film tersebut. Mulai dari mengedip-ngedipkan mata (lampu depan), menggerak-gerakkan bemper dan spakbor, membuka kedua pintunya sendiri, menyemprotkan oli, sampai mengangkat bodi dan bertumpu di atas roda belakang saja (posisi berdiri).

Bahkan, dalam NASCAR Herbie, Herbie tampak sangat berotot. Penggunaan roda balap dan roll cage serta spoiler wing membuat tongkrongan Herbie menjadi sangat sangar. NASCAR Herbie dengan mudah menembus kecepatan 306 km per jam.

Dalam film tersebut, Herbie bahkan digambarkan jatuh cinta pada sebuah New VW Beetle. New Beetle mulai diproduksi massal tahun 1998, 20 tahun setelah produksi Beetle di Wolfsburg, Jerman, dihentikan.

VW Beetle mendapatkan namanya itu karena sosoknya mirip beetle (kumbang). Namun, mobil yang juga akrab dengan sebutan bug (serangga) itu di Indonesia populer dengan nama VW Kodok. (JL)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak dan lugas adalah kunci sebuah kritik dapat dinalar dengan otak dan dapat dicerna oleh mata !